Perencanaan Sistem Drainase Berwawasan Lingkungan Pada Kampus Air Tawar Universitas Negeri Padang
DOI:
https://doi.org/10.24036/cived.v10i2.420Keywords:
run off; resapan; biopori infiltrasi.Abstract
Perkembangan dan pembangunan kampus Air Tawar Universitas Negeri Padang sedang berbenah menuju kampus hijau secara bertahap, namun hal ini mempunyai permasalahan dalam tata letak gedung, saluran drainase dan ruang terbuka hijau (RTH) untuk resapan air hujan. Salah satu dampaknya adalah meningkatnya aliran permukaan langsung dan menurunnya kuantitas air yang meresap kedalam. Salah satu konsep dalam upaya penanggulangan tersebut adalah konsep zero delta q policy. Zero delta Q policy adalah konsep pembangunan tanpa menambah debit run off menggunakan teknik peresapan buatan (Artificial Recharge). Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan resapan setiap luasan pembangunan infratsruktur dalam mengatasi perubahan koefisien pengaliran akibat perubahan permukaan lahan dalam upaya konservasi air tanah. Dari hasil perhitungan intensitas curah hujan dan kapasitas resapan tanah, diperoleh hasil bahwa agar tidak terjadi peningkatan run off, untuk total luasan atap gedung 84.821m2 diperlukan 3 jenis peresapan buatan (Artificial Recharge) yaitu sumur resapan, lubang resapan biopori dan parit infiltrasi. Dengan kata lain teknik peresapan buatan (Artificial Recharge) yang digunakan mampu meresapkan 58% run off pada atap gedung dan mengalirkan sisa run off sebesar 42% ke saluran darinase kampus.
Downloads
References
Barkah, A., & SulistyawatiI, R. (2021). Kajian Tanah Amblas Pada Ruas Jalan Menuju TPA Wilahar Kecamatan Kalibagor, Kabupaten BanyumasECAMATAN. Teodolita: Media Komunkasi Ilmiah di Bidang Teknik, 22(2), 12-23. file:///C:/Users/Lenovo/ Downloads/420-545-1-SM%20(2).pdf
Nur Humam, A. D. D. I. B., & Noviardi, A. (2011). Perencanaan Peningkatan Ruas Jalan Ronggowarsito Kota (Ronggowarsito Road Betterment Design at Semarang Downtown) (Doctoral dissertation, F. TEKNIK UNDIP). http://eprints.undip.ac.id/ 34486/6/2199 CHAPTER_II.pdf
Azizi, A., & Salim, M. A. (2020). Kajian Penyebab Jalan Ambles Pada Ruas Jalan Banjarparakan-Menganti Kabupaten Banyumas. Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto), 21(1), 11-20. https://jurnalnasional. ump.ac.id/index.php/Techno/article/view/5533
https://ruai.tv/bengkayang/rusak-berat-jalan-kabupaten-di-desa-rantau-bengkayang/
Priyono, M.J.T.S.Z. (2016). Metode penelitian kuantitatif. Sidoarjo: Zifatma Publishing
Hardiyatmo, Christady. (2003). Mekanika Tanah II Jilid III. Jogjakarta: Gajah Mada University Press.
Prihatin, K., Ahmad, R., & Alhuda, B. (2022). Analisa Penurunan Konsolidasi Dengan Metode Preloading Kombinasi Pvd Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Balikpapan–Samarinda Sta 47+ 300. JURNAL INERSIA, 14(1), 1-15. http://ejurnal.polnes.ac.id/ index.php/inersia/article/view/371
Susiazti, H., Widiastuti, M., & Widayati, R. (2020). Analisis Penurunan Konsolidasi Metode Preloading Dan Prefabricated Vertical Drain (PVD). Teknologi Sipil, 4(1), 1-8. https://ocs.unmul.ac.id/index.php/TS/article/view/4924
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Afdal Zikri.W, Nurhasan Syah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.