Analisis Pembelajaran Praktik Kerja Kayu pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan dalam Aspek Kewirausahaan
DOI:
https://doi.org/10.24036/cived.v10i1.378112Keywords:
Analisis; pembelajaran; praktik; kewirausahaan; kayuAbstract
Keberadaan mata kuliah praktik kerja kayu pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) di Departemen Teknik Sipil Universitas Negeri Padang merupakan suatu hal yang masih strategis untuk dikembangkan. Ditengah perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini tidak serta merta membuat kompetensi praktik kerja kayu hilang dan terbelakang, akan tetapi masih tetap eksis bahkan menjadi suatu hal yang mahal. Akibat perkembangan teknologi, tuntutan kemampuan manusia modern juga berubah salah satunya kemampuan kewirausahaan. Ditinjau dari visi PTB sebenarnya juga sudah menuliskan adanya kewirausahaan, akan tetapi implementasinya masih belum maksimal. Selain itu, berdasarkan obeservasi awal ditemukan bahwa aktivitas pembelajaran praktik kerja kayu yang merupakan salah satu mata kuliah berpotensi untuk peningkatan kemampuan kewirausahaan mahasiswa belum dilaksanakan dengan maksimal. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pembelajaran mata kuliah praktik kerja kayu PTB pada aspek kewirausahaan. Penelitian campuran ini dilakukan dengan pendekatan qualitativ dan quantitativ melalui respon dosen dan mahasiswa. Terdapat enam indikator yang dinilai yaitu terkait aktivitas membuka kelas, bahan ajar, media pembelajaran, proses aktivitas pembelajaran, bentuk tugas, dan penggunaan model pembelajaran. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pelaksanaan pembelajaran mata kuliah praktik kerja kayu belum mengarahkan mahasiswa menjadi lulusan yang memiliki kemampuan kewirausahaan secara maksimal, sesuai dengan salah satu visi PTB. Oleh sebab itu, dibutuhkan perbaikan, pengembangan, dan peningkatan aktivitas pembelajaran, khususnya melalui enam indikator utama agar pelaksanaan pembelajaran berorientasi kepada kewirausahaan.
Downloads
References
T. A. Eppes, I. Milanovic, R. Jamshidi, D. Shetty, and D. C. Washington, “Engineering Curriculum in Support of Industry 4 . 0,” Int. J. o, vol. 17, no. 1, pp. 4–16, 2021.
A. Rojko, “Industry 4.0 concept: Background and overview,” Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 11, no. 5, pp. 77–90, 2017, doi: 10.3991/ijim.v11i5.7072.
K. Schwab, “the Fourth Industrial Revolution (Industry 4.0) a Social Innovation Perspective,” Tạp chí Nghiên cứu dân tộc, vol. 7, no. 23, pp. 12–21, 2018, doi: 10.25073/0866-773x/97.
Sukardi, M. Giatman, S. Haq, Sarwandi, and Y. F. Pratama, “Effectivity of Online Learning Teaching Materials Model on Innovation Course of Vocational and Technology Education,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1387, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1387/1/012131.
R. U. Sari, Rusdarti., and R. Syamwil, “Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal di Sekolah Kejuruan Wilayah Kalimantan Barat,” J. Vocat. Career Educ., vol. 2, no. 2, pp. 87–95, 2017.
Z. Acs and N. Virgill, Handbook of Entrepreneurship Research, no. June. Virginia: Jena Economic R esearch Papers, 2010.
Y. Satya, “Kurikulum Pendidikan Indonesia Harus Berwawasan Wirausaha,” Harian Ekonomi Neraca, 2020. [Online]. Available: http://www.neraca.co.id/article/23111/kurikulum-pendidikan-indonesia-harus-berwawasan-wirausaha.
Y. Nuraeni, Z. MS, and E. Boeriswati, “A Case Study of Curriculum Implementation and K-13 Challenges in Indonesia,” Int. J. Educ. Vocat. Stud., vol. 1, no. 8, p. 14, 2020, doi: 10.29103/ijevs.v2i1.2263.
Pendidikan Teknik Bangunan, “Daftar Mata Kuliah,” ptb.sipil.ft.unp.ac.id, 2023. [Online]. Available: http://ptb.sipil.ft.unp.ac.id/daftar-mata-kuliah/.
S. Jalinus, Nizwardi; Syahril; Sukardi; Haq, Pedagogi Kejuruan: Kompetensi Guru dan Kompleksitasnya, 1st ed. Yogyakarta: Deepublish, 2022.
D. La, M. Gentile, V. Dal, S. Ottaviano, and M. Allegra, “A Game Based Learning Model for Entrepreneurship Education,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 141, pp. 195–199, 2014, doi: 10.1016/j.sbspro.2014.05.034.
A. Kusmintarti, S. Ismanu, and N. I. Riwajanti, “Design of Entrepreneurship Learning Model with Practice Approach to Build Students ’ Entrepreneurship Values,” Adv. Econ. Bus. Manag. Res., vol. 136, no. Ambec 2019, pp. 112–117, 2020.
Christianingrum and E. Rosalina, “Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha,” Integr. J. Businees Econ., vol. 1, no. 1, pp. 45–55, 2017.
K. M. De Oliveira, P. Girard, T. G. Gonçalves, C. Kolski, L. Isae-esma, and S. Lepreux, “Teaching Task Analysis for User Interface Design : Lessons Learned from Three Pilot Studies,” 2015.
Y. Khairat, “Penerapan Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan,” J. Teknol. Pendidik., vol. 9, no. 2, 2020.
A. Harmer, N & Stokes, The Benefits and Challenges of Project-Based Learning. Plymouth: Pedagogic Research Institute and Observatory (PedRIO), 2014.
K. Cain and S. Cocco, “Leadership Development through Project Based,” Can. Eng. Educ. Assoc., vol. 13, pp. 1–6, 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Syaiful Haq, Nizwardi Jalinus, M Giatman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.