Perancangan Sistem Informasi Manajemen Pembelajaran Mata Kuliah Kewirausahan dalam Mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.24036/cived.v10i1.373112Keywords:
Sistem Pembelajaran; Sistem Informasi; MBKM; Kewirausahaan.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan suatu rancangan sistem informasi manajemen pembelajaran mata kuliah kewirausahaan di perguruan tinggi dalam mendukung program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian yaitu terdiri dari 1 validator ahli perancangan sistem, 2 orang ahli konten (dosen pengampu mata kuliah) dan mahasiswa Unitama semester 7 yang telah memprogramkan mata kuliah kewirausahaan dengan populasi sebanyak 70 responden dengan sampel penelitian sebanyak 30 responden yang terdiri atas dosen dan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data angket. Perhitungan validitas dan reliabilitas instrument menggunakan skala likert. Hasil validasi ahli design sistem informasi manajemen pembelajaran atas instrumen angket dari 17 item pernyataan dinyakan valid dengan rata-rata r hitung sebesar 0.639 > r tabel product moment sebesar 0.361 dengan taraf signifikan sebesar 5% dan dinyatakan reliabilitas sebesar 0.94 > 0.6. Hasil validasi instrument ahli konten atas instrumen angket dari 20 item pernyataan dinyakan valid dengan rata-rata r hitung sebesar 1.000 > r tabel product moment sebesar 0.444 dengan taraf signifikan sebesar 5% dan dinyatakan reliabilitas sebesar 0.99 > 0.6. Sedangkan hasil uji perancangan sistem dari responden Dosen dan Mahasiswa dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebesar 3.66. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka rancangan sistem informasi pembelajaran mata kuliah kewirausahaan dalam mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dinyakan sangat layak digunakan untuk pengembangan model pembelajaran kewirausahaan berbasis teknologi infomasi.
Downloads
References
Kemdikbud, “Buku Pedoman Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebuayaan, 2020.
A. Harnani, “Model Pembelajaran Kewirausahaan Kreatif Melalui Praktek Usaha Dalam Menumbuhkan Kreatifitas Dan Inovatif Mahasiswa,” Sosiohumaniora - J. Ilmu-ilmu Sos. dan Hum., vol. 22, no. 1, pp. 79–87, 2020.
P. Zola, Y. Gusmareta, F. Teknik, U. N. Padang, F. Teknik, and U. B. Hatta, “Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Kuliah Struktur Baja,” vol. 9, no. 3, pp. 276–283, 2022.
W. N. Jufri and F. K. Prima, “Matematis Mahasiswa melalui model pembelajaran blended learning pada era revolusi 4 . 0,” vol. 9, no. 3, pp. 340–347, 2022.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta, 2017.
S. D. Satzinger, John W., Jackson, Robert B., and Burd, Systems Analysis and Design in a Changing World. Canada: Cengage Learning, 2009.
Butsiarah and Markani, “Sistem Cerdas Monitoring Kehadiran Guru Dan Siswa Dengan Aplikasi Telegram Berbasis Web Responsive Pada Smp Negeri 16 Bulukumba,” J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 7, no. 1, pp. 1–8, 2021, doi: 10.35329/jiik.v7i1.178.
D. Mahdiana, “Pengadaan Barang Dengan Metodologi Berorientasi Obyek : Studi Kasus Pt . Liga Indonesia,” J. Telemat., vol. 3, no. 2, pp. 36–43, 2011.
Markani et al., “Implementasi Sistem Tata Kelola Pelayanan Jasa Cuci Kendaraan Terintegrasi Aplikasi Sosial Media Whatsapp,” Nusant. Hasana J., vol. 1, no. 11, pp. 22–32, 2022, [Online]. Available: http://nusantarahasanajournal.com/index.php/nhj/article/view/279.
M. S. R. A. Sukamto, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Beriorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Markani Pato, Hamsu Abdul Gani, Muhammad Idhkan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.