Analisis Tingkat Pelayanan terhadap Kinerja Persimpangan berdasarkan Metode HCM 2000

Authors

  • Bambang Tripoli Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Teuku Umar
  • Rahmat Djamaluddin Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Teuku Umar
  • Meidia Refiyanni Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Teuku Umar
  • Heri Hatta Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Teuku Umar

DOI:

https://doi.org/10.24036/cived.v10i1.358112

Keywords:

Simpang tak bersinyal, Kinerja, LoS, HCM

Abstract

Meulaboh memiliki pertemuan jalan atau simpang, salah satunya Simpang Gunong Kleng tak bersinyal berada di Sta 08+000 lintas jalan nasional arah Barat - Selatan Kecamatan Meureubo, Aceh Barat. Rutinitas simpang di pengaruhi mahasiswa menuju ke kampus Universitas Teuku Umar dan TNI AD menuju ke Batalyon Infanteri 116/Garda Samudera (Yonif 116/GS) Alue Peunyareng, dan sebagainya. Kajian ini meneliti tentang analisis tingkat pelayanan (LoS) terhadap kinerja simpang berdasarkan metode HCM 2000. Permasalahan yang diangkat dan juga menjadi tujuan penelitian berapa besar kinerja simpang terhadap volume arus, critical gap dan follow up time, kapasitas, derajat kejenuhan, panjang antrian dan delay serta pengaruh nilai akhir LoS. Penelitian dilaksanakan pada Simpang Gunong Kleng (tipe 324M) dengan radius setiap lengan 100 meter. Pengamatan 3 hari selama 6 jam per hari. Hasil perhitungan menunjukkan, besaran volume lalu lintas dari pergerakan V1 = 845 veh/h, V2 = 3703 veh/h, V3 = 3464 veh/h, V4 = 252 veh/h, V5 = 281 veh/h, dan V6 = 557 veh/h. Kapasitas yang terjadi, dilihat dari pergerakan 5 = 281 veh/h, 6 = 557 veh/h, 1 = 845 veh/h, dan 4 = 252 veh/h. Derajat kejenuhan, menunjukan pergerakan 5 = 0.05, 6 = 0.09, 1 = 0.10, dan 4 = 0.03. Control delay pada pergerakan 5 = 5.62 s/veh, 6 = 5.65 s/veh, 1 = 5.50 s/veh dan 4 = 5.46 s/veh. Hasil akhir dari LoS simpang tersebut dari pergerakan (1, 4, 5 dan 6), menunjukkan tingkat A.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AASHTO, 2001, A Policy on Geometric Design of Highway and Streets, American Association of State Highway and Transportation Officials (AASHTO), Washington, DC.

Bebas, W.E., 2019, Kabupaten Aceh Barat, Online https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Aceh_Barat#Geografi. Halaman Terakhir Updated 10 Juni 2019, Pukul 12.45. [Accessed 04 Oktober 2019].

Bukhari, R.A., dan Saleh, S.M., 2002, Rekayasa Lalu Lintas I, Bidang Studi Teknik Transportasi, Fakultas Teknik Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh.

Google, 2014, Peta Infrastruktur Kabupaten Aceh Barat, Online http://loketpeta.pu.go.id/peta-infrastruktur-kabupaten-aceh-barat-2014. [Accessed 14 September 2019, Pukul 13.46].

Google, 2019, Site Plan Jaringan Jalan atau Lokasi Penelitian, Online https://www.google.co.id/maps/@4.1223176,96.1789251,709a,35y,39.26t/data=!3m1!1e3?hl=en. [Accessed 04 Oktober 2019, Pukul 14.25].

Hanafiah, 2010, Analisa Tingkat Pelayanan Simpang Tak Bersinyal Tipe T Dengan Metode HCM 2000 (Studi Kasus Jalan Merdeka Barat Kota Lhokseumawe), Jurnal Portal, ISSN 2085-7454, Volume 2 Nomor 2, Oktober 2010, Staf Pengajar Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe, Aceh Utara.

Highway Capacity Manual, 2000, Transportation Research Board, National Research Council, (Chapter 17 Unsignalized Intersection), by the National Academy of Sciences, All Rights Reserved, Printed in the United States of America, 2101 Constitution Avenue, NW-Washington, DC 20418.

Khisty, C.J., dan Lall, B.K., 2005, Dasar-dasar Rekayasa Transportasi, Edisi 3 Jilid 1, Alih Bahasa Fidel Miro, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Khisty, C.J., dan Lall, B.K., 2003, Dasar-dasar Rekayasa Transportasi, Edisi 3 Jilid 1, Alih Bahasa Fidel Miro, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Mardhiyah, A., 2017, Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Berdasarkan Metode Highway Capacity Manual Studi Kasus Simpang Langkak Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar, Aceh Barat.

Ramadhan, M.A., Purwanto dan Sahrullah, 2015, Analisis Arus Lalu Lintas Simpang Tak Bersinyal (Studi Kasus Pada Simpang Jl. Untung Suropati – Jl. Ir. Sutami – Jl. Selamet Riyadi di Kota Samarinda), Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik,Universitas 17 Agustus 1945, Jakarta.

Tripoli, B., Febrianti, D., dan Supriadi, 2021, Kajian Ulang Perencanaan Geometrik Simpang Tak Bersinyal Berdasarkan Metode Highway Capacity Manual (HCM) Studi Kasus : Simpang Empat Jeuram – Nagan Raya, Dosen Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar, Aceh Barat.

Zulfhazli, 2014, Evaluasi Kinerja Simpang Tiga Tak Bersinyal (Studi Kasus Simpang Polantas Cunda dan Simpang Selat Malaka Kota Lhokseumawe), Teras Jurnal, Vol.4, No.1, Maret 2014 ISSN 2088-0561, Dosen Jurusan Teknik Sipil, Universitas Malikussaleh, Aceh Utara.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Tripoli, B., Djamaluddin, R., Refiyanni, M., & Hatta, H. (2023). Analisis Tingkat Pelayanan terhadap Kinerja Persimpangan berdasarkan Metode HCM 2000. CIVED, 10(1), 25–36. https://doi.org/10.24036/cived.v10i1.358112

Issue

Section

Articles