The Effectiveness of Learning with Blended Learning Model in The Specification Bulding Drawing Course

Authors

  • Diviana Aguva Teknik Sipil, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Revian Body Teknik Sipil, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24036/cived.v9i3.349112

Keywords:

Efektivitas, Model Blended Learning, Gambar Bestek Bangunan

Abstract

Penelitian ini berawal dari penyebaran virus Covid-19 yang menyebabkan sistem pendidikan yang awalnya segala proses pembelajaran dilakukan secara tatap muka berubah menjadi model pembelajaran blended learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model blended learning pada mata kuliah gambar bestek bangunan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian desktiptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2020 yang telah melaksanakan mata kuliah gambar bestek bangunan dengan model blended learning sebanyak 32 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menyebar angket penelitian berupa link yang dibuat pada Google Form yang selanjutnya dibagikan melalui Whatsapp. Teknik analisis data pada penelitian ini adalahh verifikasi data dan analisis deskriptif dengan menggunakan Microsoft Office Excel dan SPSS versi 17.0. Berdasarkan hasil penelitian Efektivitas Model Blended Learning pada Mata Kuliah Gambar Bestek Bangunan termasuk cukup efektif dengan Derajat Pencapaian (DP) dari dua indikator sebesar 71,35%. Hal ini berarti tingkat efektivitas pada proses pembelajaran pada mata kuliah gambar bestek bangunan dinilai cukup efektif dengan menggunakan model blended learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bayu Fitra Prisuna. 2021. “Efektivitas Media Pembelajaran Daring Melalui Google Meet Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian Kualitatif”. Jurnal Pena Edukasi (Nomor 1 Tahun 21). Hlm. 15--24.

Sara Bibi dan Handaru Jati. 2015. “Efektivitas Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman”. Jurnal Pendidikan Vokasi (Vol. 5 No. 2.). Hlm. 74--87.

Deni Darmawan dan Dinn Wahyudin. 2018. Model Pembelajaran di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Fazar Nuriansyah. “Efektivitas Penggunaan Media Online dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Saat Awal Pandemi Covid-19”. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia (Nomor 2 Tahun 2020). Hlm. 61—65

.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Lijan Poltak Sinambela. 2014. Metodologi Penelitian

Downloads

Published

2022-09-29

How to Cite

Aguva, D., & Body, R. (2022). The Effectiveness of Learning with Blended Learning Model in The Specification Bulding Drawing Course. CIVED, 9(3), 387–391. https://doi.org/10.24036/cived.v9i3.349112