Efektivitas Pemasangan Pita Penggaduh Melintang pada Persimpangan Jalan Terbagi Terhadap Kecepatan Kendaraan di Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.24036/cived.v9i3.348112Keywords:
Pita penggaduh melintang, Kecepatan sesaat, Uji hipotesis, Jarak pandangan hentiAbstract
Persimpangan jalan tanpa pengaturan lalu lintas merupakan wilayah rawan kecelakaan. Pada jalan Prof. Hamka dan jalan Adinegoro yang merupakan lokasi penelitian terdapat beberapa persimpangan jalan sekaligus persilangan dengan jalur kereta api. Salah satu kelengkapan tambahan yang dipasang untuk meningkatkan kewaspadaan pengendara kendaraan bermotor menjelang persimpangan adalah pita penggaduh melintang. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pemasangan pita penggaduh melintang pada jalan Prof. Hamka dan Adinegoro. Kecepatan sesaat kendaraan diukur dengan menggunakan speed gun. Kecepatan kendaraan diklasifikasikan berdasarkan jenis sepeda motor, kendaraan ringan dan kendaraan berat. Kecepatan sesaat diambil pada tiga titik pengamatan yaitu sebelum (titik pengamatan 1), saat (titik pengamatan 2) dan sesudah (titik pengamatan 3) melewati pita penggaduh melintang. Persentase selisih kecepatan rata-rata dan persentil kecepatan ke-85 sebelum dan setelah melewati pita penggaduh berkisar antara 30-47%. Hasil uji hipotesis untuk semua jenis kendaraan menunjukkan kecepatan rata-rata kendaraan sebelum dan saat melewati serta saat dan setelah melewati pita penggaduh mengalami penurunan yang signifikan. Pengecekan jarak henti minimum berdasarkan kecepatan rata-rata dan persentil kecepatan ke-85 setelah melewati pita penggaduh memenuhi standar jarak pandangan henti. Dapat disimpulkan bahwa pemasangan pita penggaduh melintang di jalan Prof. Hamka dan Adinegoro efektif meningkatkan kewaspadaan pengemudi sebelum memasuki persimpangan.
Downloads
References
Kementerian Perhubungan R. I., “Peraturan Nomor PM 14 Tahun 2021,” 2021. Accessed: Mar. 15, 2022. [Online]. Available: https://jdih.dephub.go.id/assets/uudocs/permen/2021/PM_14_Tahun_2021new.pdf.
Kementerian Perhubungan R. I., “Peraturan Nomor PM 82 Tahun 2018,” 2018. Accessed: Jul. 18, 2022. [Online]. Available: https://jdih.dephub.go.id/assets/uudocs/permen/2018/PM_82_TAHUN_2018.pdf
S. Sugiharto, P. R. Kusumajati, and A. I. Rinaldi, “Analisis Kebutuhan Transverse Rumble Strip Untuk Meningkatkan Kewaspadaan Pengemudi Di Bagian Lurus Jalan Bebas Hambatan,” Proceedings of the 19thInternational Symposium of FSTPT, vol. l, no. October, pp. 11–13, 2016, [Online]. Available: https://ojs.fstpt.info/index.php?journal=ProsFSTPT&page=article&op=view&path%5B%5D=72
N. Meydita and A. Kusumawati, “Pengaruh Pita Penggaduh Melintang Terhadap Kecepatan Kendaraan Ringan dan Angka Kecelakaan di Jalan Tol Cipularang,” Jurnal Transportasi, vol. 12, no. 3, pp. 165–174, 2012.
M. Farizaldin, A. S. Syafaruddin, and R. S. Suyono, “STUDI TENTANG EFEKTIVITAS ALAT PENGENDALI KECEPATAN PADA KAWASAN ZOSS DI KOTA PONTIANAK,” JeLAST: Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang, vol. 5, no. 2, pp. 1–15, 2018.
M. M. Helga Yermadona, Deddy Kurniawan, “Analisis Pita Penggaduh (Rumble Strips) Dalam Mereduksi Kecepatan Kendaraan Pada Kawasan Zoss Kota Padang Panjang,” ACE Conference, vol. 6, no. October 2019, pp. 514–523, 2019.
P. O. Muchlis, P. Purnawan, and H. Gunawan, “Studi Parameter Mikroskopik Dan Makroskopik Arus Lalu Lintas Akibat Pengaruh ‘Rumble Strips’ Terhadap Perilaku Pengemudi Di Kampus Limau Manis Universitas Andalas,” Jurnal Rekayasa Sipil (JRS-Unand), vol. 11, no. 1, p. 45, 2015, doi: 10.25077/jrs.11.1.45-58.2015.
M. R. Spiegel, J. J. Schiller, and R. A. Srinivasan, Probability and Statistics. The McGraw-Hill Companies, Inc., 2013.
Direktorat Jenderal Bina Marga, “Pedoman Desain Geometrik Jalan No. 13/P/BM/2021,” 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Titi Kurniati, Hendra Gunawan, Sujana Suryadinata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.