Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa melalui Model Pembelajaran Blended Learning pada Era Revolusi 4.0
DOI:
https://doi.org/10.24036/cived.v9i3.344Keywords:
Blended learning, Pembelajaran konvensional, Pemahaman konsep matematis, Analisis matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa pada mata kuliah Analisis Matematika melalui penerapan model pembelajaran blended learning pada era revolusi 4.0. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain posstest only control group design dan meliputi populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa pendidikan teknik bangunan angkatan 2019. Pengambilan sampel pada penelitian dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Data dianalisis menggunakan uji t. Dari hasil tersebut diperoleh nilai t = 11.93 dan p-value = 0.008, dimana p-value <α = 0.05, itu berarti ditolak dan diterima. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran blended learning lebih baik secara signifikan daripada mahasiswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional biasa.
Downloads
References
Abramovitz, B., Bererman, A., & Shvartsman. L. A blended learning approach in mathematics. In A. A. Juan, M. A. Huertas., S. Trenholm., & C. Steegmann. Teaching mathematics online. 2015.
Alebaikan, R., & Troudi, S. Blended learning in Saudi universities: challenges and perspectives. ALT-J Research in Learning Technology, 18(1), 49-59.
Mosa, E. (2006). Puntoedu: A Blended E-Learning Model. Current Developments in Technology-Asisted Education, 6 (4), 1744-1749.
Dwiyogo, D. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: Rajawali Pers. 2018
Means, B., Toyoma, Y., Murphy, R & Baki, M. The Effectiveness of Online and Blended Learning: A Meta- Analysis of the Empirical Literature. Teachers College Record. 2017.
Bath, D. & Bourke, J. Getting Started With Blended Learning. Griffith Institute for Higher Education. (2010).
McCarthy, M. A., & Murphy, E. A. Blended learning: Beyond initial uses to helping to solve realworld academic problems. Journal of College Education & Learning, 7(6), 67-70. (2013)
Garrison, D.R., and Vaughan, N., Blended learning in higher education: Framework, principles and guidelines, San Francisco, CA: Jossey-Bass, (2008).
Means, B., Toyoma, Y., Murphy, R & Baki, M. The Effectiveness of Online and Blended Learning: A Meta- Analysis of the Empirical Literature. Teachers College Record. (2013)
McCarthy, M. A., & Murphy, E. A. Blended learning: Beyond initial uses to helping to solve realworld academic problems. Journal of College Education &Learning, 7(6), 67-70. (2013).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Windry Novalia Jufri, Fani Keprila Prima
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.