Pengembangan Media Miniatur untuk Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Perumahan di SMK Negeri 5 Padang

Authors

  • Vina Sofiana Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang
  • Henny Yustisia Teknik Sipil, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24036/cived.v9i3.337

Keywords:

Research and Development (R&D), 4-D (four-D), media pembelajaran, miniatur

Abstract

Penelitian ini diangkat berdasarkan latar belakang belum adanya media penunjang pada mata pelajaran Dasar-dasar Konstruksi Bangunan dan Perumahan khususnya pada materi Pekerjaan Konstruksi Kayu. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media miniatur rangka atap yang valid dan praktis untuk digunakan sebagai media belajar mata pelajaran Dasar-dasar Konstruksi Bangunan dan Perumahan. Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development yang mengadaptasi model Define, Design, Development, and Dissemination atau biasa disebut 4-D. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket validasi media pembelajaran untuk ahli media dan ahli materi, serta angket praktikalitas media pembelajaran untuk siswa. Hasil validasi media miniatur rangka atap menunjukan bahwa media pembelajaran dapat dikategorikan valid dengan tingkat kevalidan oleh ahli media 1 sebesar 81,4%, ahli media 2 sebesar 83,7%, ahli media 3 sebesar 75%, ahli materi 1 sebesar 97,5%, ahli materi 2 sebesar 96,2% dan ahli materi 3 sebesar 92,9% dengan kategori sangat valid; praktikalitas media miniatur rangka atap berdasarkan penilaian oleh siswa sebesar 82,1% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian media yang dihasilkan dapat dinyatakan sangat valid dan praktis untuk digunakan sebagai media penunjang pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewantara, K. H. Bagian I Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa. (1962).

Ibrahim, & Syahodiah, N. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta. (2003).

Aristo, R. Media Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. (2003).

Aqib, Z. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Yrama Widya. (2013).

Izzaty, R. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press. (2013).

Suprihatiningrum, J. Strategi Pembelajaran : Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media. (2016).

Mahardika, S. Pengembangan Media Miniatur Bekisting Pada Kompetensi Dasar Melaksanakan Pekerjaan Acuan/Bekisting. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan. (2015).

Fauziah, N. Penggunaan Media Miniatur Dalam Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Materi Gaya Dan Momen Di Kelas X Tgb 3 Smk Negeri 3 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 1(1), 3. (2014).

Downloads

Published

2022-09-29

How to Cite

Sofiana, V., & Yustisia, H. (2022). Pengembangan Media Miniatur untuk Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Perumahan di SMK Negeri 5 Padang. CIVED, 9(3), 297–304. https://doi.org/10.24036/cived.v9i3.337