Pembuatan Media Pembelajaran Powtoon pada Elemen Dasar Konstruksi Bangunan dan Perumahan SMK Negeri 1 Padang
DOI:
https://doi.org/10.24036/cived.v9i3.331Keywords:
Media Pembelajaran, Powtton, Dasar Konstruksi Bangunan dan PerumahanAbstract
Permasalahan yang ada pada elemen Dasar Konstruksi Bangunan dan Perumahan adalah media pembelajaran yang digunakan belum memadai serta belum optimalnya pemahaman peserta didk mengenai materi Dasar Konstruksi Bangunan dan Perumahan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran Powtoon pada elemen Dasar Konstruksi Bangunan dan Perumahan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (penelitian dan pengembangan) yang mengadaptasi model 4D, namum penelitian ini hanya sampai tahap 3D karena produk pengembangan tidak disebarkan. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian media pembelajaran untuk ahli media dan materi serta siswa. Berdasarkan penilaian produk terhadap media pembelajaran Powtoon pada elemen Dasar Konstruksi Bangunan dan Perumahanoleh ahli media dari semua aspek memperoleh penilaian sebesar 89.63% yang dikategorikan sangat valid, sedangkan penilaian ahli materi memperoleh penilaian sebesar 87.50% yang dikategorikan sangat valid. Penilaian dari 70 siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 91% yang dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan hasil penilaian, maka media yang dihasilkan dinyatakan valid dan praktis sehingga media layak di gunakan dalam pembelajaran Dasar Konstruksi Bangunan dan Perumahan.
Downloads
References
Arianti, A. J(2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.
Arikunto. 2006. Prosedur Peneltian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Astika, R. Y., Anggoro, B. S., & Andriani, S. (2019). Pengembangan Video Media Pembelajaran Matematika Dengan Bantuan Powtoon Keyword : Learning Media ; Spldv ; Powtoon. 2 (2), 85–96.
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 36(1), 9–34.
Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Dairoh, D., Yoka, M., Sasmito, G. W., Mc.Chambali, M. C., Indrianto, D., & Laksmono S, A. G. (2019). Peningkatan Pemahaman Dalam Pembuatan Web Sederhana Bagi Siswa Siswi Di Smkn 1 Bumijawa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 25(3), 117.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Belajar Ipa Di Sekolah Dasar ( Studi Kasus Terhadap Siswa Kelas ... Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81–86.
Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya Penggunaan Media Siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16.
Maesyarah, I. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Powtoon Pada Materi Dinamika Untuk Sma Kelas X.
Mewengkang, A., Batmetan, J. R., & Mosey, H. (2021). Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasidan Komunikasi, 1(6), 675–687.
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media Belajar Dan Sumber Belajar. Jakarta: Prestasi Pustakakarya.
Nurcahyo, P. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Kelistrikan Mesin & Konversi Energi Di Smk N 2 Depok. Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta, 1–145.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119.
Saputri, R., Nurlela, N., & Patras, Y. E. (2020). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jppguseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 38–41.
Sanjaya, Wina, (2014). Media Komunikasi Pembelajaran, Jakarta : Kencana Prenada Media.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (mix methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, N.S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Wesniati Hastina Suklis, Ari Syaiful Rahman Arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.