Analisis Pergerakan Arus Lalu Lintas di dalam Kawasan Kampus Universitas Negeri Padang

Authors

  • Oktaviani Oktaviani Teknik Sipil, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Khairunisa Try Zalmiarty Teknik Sipil, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24036/cived.v9i3.329

Keywords:

Kinerja Simpang, Kinerja Ruas, Manajemen Lalu Lintas

Abstract

Universitas Negeri Padang (UNP) adalah salah satu perguruan tinggi negeri di kota Padang yang dalam beberapa tahun ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal ini juga secara tidak langsung akan menyebabkan meningkatnya penggunaan kendaraan pribadi oleh sivitas akademika dan pengguna lain yang beraktivitas di dalam kawasan kampus UNP. Diperlukan analisis dan solusi agar transportasi yang terjadi di UNP berjalan dengan lancar, aman dan nyaman. Penelitian ini menganalisis kinerja simpang dan ruas jalan di masa sekarang dan meramalkan kinerja simpang dan kinerja ruas jalan masa 5 tahun mendatang dengan memberikan solusi alternatif untuk memperbaiki permasalahan yang mungkin akan terjadi. Parameter yang digunakan untuk menjadi acuan pertumbuhan volume lalu lintas adalah pertumbuhan dari kenaikan jumlah mahasiswa, dosen, maupun karyawan UNP tiap tahunnya diperoleh sebesar 20%. Pengolahan data yang dilakukan mengacu kepada aturan MKJI 1997. Kinerja simpang jalan eksisting pada 5 tahun mendatang di kawasan UNP yaitu Derajat Kejenuhan 1,15 yang terbesar dan Derajat Kejenuhan terkecil 0,50. Diperoleh tundaan pada simpang yang terbesar yaitu 31,68 detik dan yang terkecil tundaan sebesar 8,55 detik. Sedangkan kinerja ruas jalan diperoleh Derajat Kejenuhan terbesar yaitu 0,70 dan terkecil 0,25. Menimbang kinerja jalan yang akan terjadi 5 tahun mendatang, maka perlu adanya solusi perbaikan simpang ataupun ruas, baik perubahan manajemen lalu lintas maupun perbaikan geometrik jalan. Serangkaian alternatif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kinerja simpang yaitu pengalihan arus lalu lintas (jalan satu arah), memperbaiki geometrik jalan, dan pengaturan ulang manajemen lalu lintas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik. 2020. Jumlah mahasiswa di kota Padang yang berada di bawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Negeri dan Swasta. Padang.

Ronaldi. 2021. Tinjauan Penempatan dan Penggunaan Rambu dan Marka Jalan di Universitas Negeri Padang. Proyek Akhir. Jurusan Teknik Sipil. Universitas Negeri Padang. Padang.

Departemen Pekerjaan Umum., 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Direktorat Jenderal Bina Marga dan Departemen Pekerjaan Umum Jakarta.

Alvan, Zhulia., 2014, Evaluasi Pergerakan Arus Lalu Lintas Di Dalam Kampus Universitas Brawijaya Malang, Karya tulis ilmiah. Malang.

Downloads

Published

2022-09-29

How to Cite

Oktaviani, O., & Zalmiarty, K. T. (2022). Analisis Pergerakan Arus Lalu Lintas di dalam Kawasan Kampus Universitas Negeri Padang. CIVED, 9(3), 253–260. https://doi.org/10.24036/cived.v9i3.329