Analisis Pembelajaran Praktik Kerja Kayu pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan dalam Aspek Kewirausahaan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Syaiful Haq
Nizwardi Jalinus
M Giatman

Abstract

Keberadaan mata kuliah praktik kerja kayu pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) di Departemen Teknik Sipil Universitas Negeri Padang merupakan suatu hal yang masih strategis untuk dikembangkan. Ditengah perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini tidak serta merta membuat kompetensi praktik kerja kayu hilang dan terbelakang, akan tetapi masih tetap eksis bahkan menjadi suatu hal yang mahal. Akibat perkembangan teknologi, tuntutan kemampuan manusia modern juga berubah salah satunya kemampuan kewirausahaan. Ditinjau dari visi PTB sebenarnya juga sudah menuliskan adanya kewirausahaan, akan tetapi implementasinya masih belum maksimal. Selain itu, berdasarkan obeservasi awal ditemukan bahwa aktivitas pembelajaran praktik kerja kayu yang merupakan salah satu mata kuliah berpotensi untuk peningkatan kemampuan kewirausahaan mahasiswa belum dilaksanakan dengan maksimal. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pembelajaran mata kuliah praktik kerja kayu PTB pada aspek kewirausahaan. Penelitian campuran ini dilakukan dengan pendekatan qualitativ dan quantitativ melalui respon dosen dan mahasiswa. Terdapat enam indikator yang dinilai yaitu terkait aktivitas membuka kelas, bahan ajar, media pembelajaran, proses aktivitas pembelajaran, bentuk tugas, dan penggunaan model pembelajaran. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pelaksanaan pembelajaran mata kuliah praktik kerja kayu belum mengarahkan mahasiswa menjadi lulusan yang memiliki kemampuan kewirausahaan secara maksimal, sesuai dengan salah satu visi PTB. Oleh sebab itu, dibutuhkan perbaikan, pengembangan, dan peningkatan aktivitas pembelajaran, khususnya melalui enam indikator utama agar pelaksanaan pembelajaran berorientasi kepada kewirausahaan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Haq, S., Jalinus, N., & Giatman, M. (2023). Analisis Pembelajaran Praktik Kerja Kayu pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan dalam Aspek Kewirausahaan. CIVED, 10(1), 208-217. https://doi.org/10.24036/cived.v10i1.378112