Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Blog pada Mata Kuliah Kuantiti Surveying dan Manajemen Proyek Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sonia Syafitri
M. Giatman

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang yaitu  masih ada mahasiswa yang kurang memahami beberapa materi mata kuliah Kuantit Surveying dan Manajemen Proyek dan dibutuhkan tambahan referensi materi pembelajaran melalui artikel internet berdasarkan rujukan yang ilmiah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk bahan ajar berbasi blog yang valid dan praktis sebagai tambahan referensi belajar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan tahap penggunaan model pengembangan DDD-E. Pada penelitian ini terdapat 2 Subjek penelitian, yaitu Subjek Validasi Produk dan Subjek Uji Coba. Subjek validasi produk terdiri atas subjek validasi materi, media, bahasa, dan validasi angket uji coba. Subjek uji coba dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan tahun masuk 2020 berjumlah 56 mahasiswa. Objek pada penelitian ini adalah bahan ajar berbasis blog pada mata kuliah Kuantiti Surveying dan Manajemen Proyek. Berdasarkan hasil  penelitian yang dilakukan, diperoleh  hasil penilaian oleh  ahli materi  81,81% dengan kategori valid. Validasi bahasa diperoleh dengan persentase 88% dengan kategori sangat valid. Validasi media diperoleh dengan persentase 92,22% dengan kategori sangat valid, dan angket uji coba dinyatakan valid oleh tiga (3) validator. Sedangkan kepraktisan pada uji coba kelompok kecil diperoleh dengan persentase 79,95% dengan kategori praktis dan uji coba kelompok besar diperoleh dengan persentase 81,32% dengan kategori sangat praktis.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Syafitri, S., & Giatman, M. (2023). Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Blog pada Mata Kuliah Kuantiti Surveying dan Manajemen Proyek Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. CIVED, 10(1), 168-175. https://doi.org/10.24036/cived.v10i1.374112